Sekilas Perpustakaan PPMI Assalaam Sukoharjo

Perpustakaan PPMI Assalaam Pabelan, Kartasura, Sukoharjo merupakan unit Pelaksana Teknis di bidang Kepustakaan yang berfungsi sebagai pusat penyedia informasi ilmiah bagi segenap civitas akademika dalam rangka pelaksanaan program pendidikan di PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo

Terkait dengan posisinya yang sangat penting dan strategis dimana dikatakan bahwa “Perpustakaan merupakan jantungnya pendidikan termasuk di PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo, maka keberadaan Perpustakaan akan ikut menentukan prestasi yang akan di raih. Bahkan perpustakaan dapaat dijadikan sebagai tolak ukur kualitas dan maju mundurnyaa suatu lembaga pendidikan.

Keberadaan Perpustakaan PPMI Assalaam Pabelan Kartasura Sukoharjo tidak bisa dipisahkan dengan institusi induknya. Pada awal berdirinya Perpustakaan PPMI Assalaam masih menempati ruangan sederhana dan apa adanya dengan luas kurang lebih 96 m2.

Kemudian pada tahun 2004 Perpustakaan PPMI Assalaam Sukoharjo menempati gedung baru disebelah timur dilantai 2 dengan luas ruangan kurang lebih 2100 m2, yang terbagi menjadi ruang koleksi, ruang audio visual, ruang baca, ruang IT dan administrasi, ruang pengolahan serta gudang. Pada awal tahun 2004 Perpustakaan PPMI Assalaam telah menggunakan sistem automasi offline dengan penerapan aplikasi perpustakaan yaitu SIPRUS (Sistem Informasi Perpustakaan Assalaam)

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, munculnya aplikasi perpustakaan berbasis open source pada Januari 2018 SIPRUS menerapkan sistem berbasis online dengan fasilitas yang lebih bagus. Dengan jaringan komunitas nasional diharapkan SIPRUS berbasis Online terus dapat terupdate perkembanganya.